[135] Keluarganya Allah [episode 2]


999162_756182331065647_1967773241_n

Semua terjadi atas kehendak Allah, tidak ada sesuatu yang kebetulan di dunia ini. Hal ini juga berlaku pada dirinya. Tertanggal 25 November 2013, Allah membawanya untuk singgah di sebuah web yang beralamat di ‘kuliah-online.com’. Sebuah web yang memang sengaja ia cari, sebuah web dibawah asuhan Ust.Yusuf Mansur.

Usut punya usut, beberapa hari belakangan ini, ia terlihat lebih khusyu’ mencari dan mendengarkan video dari Ust. Yusuf Mansur. Tentu saja ia tidak merasa kesulitan mencari video-video tersebut, karena memang telah banyak yang ter-upload di youtube.

Alhamdulillah, ketika ia membuka kuliah-online.com tertulis bahwa masih ada waktu sekitar 15 jam lagi untuk mendaftar sebagai peserta kuliah online angkatan 122. Bergegaslah ia untuk melakukan register, jeda beberapa saat kemudian ‘teraktivasi’ oleh pihak ‘wisata hati’. Alhamdulillah. Semoga Allah memudahkan langkahnya untuk kembali menimba ilmu. Semoga Allah senantiasa mengobarkan semangatnya.

Kenapa masih ikut kuliah online di wisata hati? Bukankah kesibukannya di kantornya sudah cukup menyita banyak waktunya? Bukankah mengejar S2 di bidangnya lebih menarik ketimbang…..

Kenapa? Itu semua ia lakoni karena ia sadar bahwa kesibukannya bergelut dengan angka-angka belum tentu bisa membawanya ke syurga Allah. Ia sadar bahwa waktu yang ia habiskan untuk sekedar berpikir di meja kerja ber-AC itu, belum tentu tercatat sebagai amalan ibadah di sisi Allah. Banyak hal yang ia sadari, bahwa ia hanyalah manusia lemah yang berlumur dosa.

Betapa bersyukurnya ia, karena Allah masih memberikannya ‘niat’, sehingga ia tidak meninggalkan kebiasaan lamanya. Ia masih asyik menikmati kajian dari media online, termasuk rajin mendownload dari web favoritnya, di ‘aqlislamiccenter.com’. Masih terus mencoba mengoneksikan dengan aqltv.com, meskipun masih sering terkendala ‘stream-not found’, juga masih asyik berselancar di dumay untuk mencari video para hafidz Indonesia.

 “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rosulullah?” Rosul menjawab, “Para ahli Qur’an. Merekalah keluarga Allah  dan pilihan-pilihanNya”. (HR Ahmad)

Segala puji hanya bagi Allah, Allah lah yang telah mengizinkannya untuk kembali mengejar cita-cita besarnya itu. Maha besar Allah yang telah memberikan ia kesempatan untuk menikmati indahnya perjuangan untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Ia masih ingin meraih cita-cita besarnya itu. Menjadi hafidzah, meskipun seharusnya ia malu dengan usianya yang mendekati seperempat abad itu. Kenapa ia baru memulainya?

Utsmani online yang telah ia jalani. Pertemuan 1, 2, 3, dst . Tak jarang ia kembali terjangkit virus malas. Tak jarang ia mendapat PR dari ustadzahnya berkaitan dengan teori mahroj, sifat huruf, juga hukum tajwid, yaaa karena ia seringkali ‘lupa’ jikalau tidak dipaksa menghafalkan teori-teori itu. Tak jarang ia terkena teguran buih dari ‘rasa malas’ yang masih setia ia simpan. Apa kabar hadist yang telah ia hafal dulu? Bahkan tidak ada satu hadist pun yang masih terekam lengkap dalam memorinya, baik lafal, arti, ataupun periwayatnya.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya dipertemuan ke 5 di Utsmani online, ia telah menyetor hafalan juz 30. Betapa bersyukurnya ia, meski ada beberapa ayat yang masih harus dibantu oleh ustadzahnya. Tapi, jelas senyumannya telah terukir. Ia kembali menemukan semangat itu. Ia kembali menemukan ‘nada’ dari murotal yang membuatnya mudah untuk menghafal. Semua terjadi atas izin Allah. Memperbaiki niat, dan berdo’a, minta sama Allah.

Ia rajin mendengar, mendengar, dan mendengarkan juz 30. Sampai tiba di suatu titik, ia menemukan irama yang pas, hal itulah yang membuatnya mudah untuk mengingat ayat demi ayat dari Al-Qur’an. Setelah itu, barulah ia membaca berulang-ulang. Tak lupa ia juga memperhatikan terjemahannya, karena itu juga menjadi salah satu trik untuk memudahkan mengingat.

Maha besar Allah, tertanggal 24 November ia telah mengikuti ujian Utsmani online juz 30. Senyumnya pun bertambah merekah karena ia artinya tiket untuk bisa menyetor juz 29. Ia mulai surah Al-Mulk. Semoga Allah memudahkan langkahnya, memulai menghafal juz 29, dan muraja’ah juz 30.

Betapa bersyukurnya ia, di tengah semangatnya yang menggebu-gebu untuk menghafal Al-Qur’an, sebuah paket bermassa lebih dari 14 kg dari Jakarta pun tiba. Sebuah bungkusan besar yang berisi 2 paket Mushaf-Qu, buku tadabbur jilid 1 (yang berisi tadabbur juz 1 dan juz 2), juga buku berjudul ‘Anda Bertanya Kami Menjawab’ yang ditulis oleh Ust. Bachtiar Nasir.

Apa itu Mushaf-Qu? Mushaf-Qu, cara mudah dan praktis menulis Al-Qur’an. Semoga Allah memberinya kesempatan untuk bisa menulis Al-Qur’an dengan tangannya sendiri, dengan menebalkan (tracing) huruf demi huruf.

Semoga ia tetap bersama semangatnya. Semoga.

1451556_756200284397185_855491398_n

2 thoughts on “[135] Keluarganya Allah [episode 2]

    • Mushaf yang ada di tulisan ini adalah Mushaf-Qu mbak. Jadi satu paket terdiri dari 10 jilid, 1 jilid terdiri dari 3 juz.
      Di dalamnya berisi tulisan arab dan bahasa indonesianya. Yang tulisan dengan huruf arab itu masih belum tebal, kalau bahasa jawa ‘lamat-lamat’, nanti kita yang menebalkan tulisannya. Jadi kalau kita sudah menulis 30 juz, istilahnya kita menulis Al Qur’an dengan tulisan tangan kita sendiri gitu mbak.
      Naaah di setiap ayat, nanti dibawahnya da artinya dalam bahasa Indonesia, jadi sekalian nebelin tulisan arabnya, ktia bisa baca artinya juga.
      Saya beli di AQL Islamic Center yang di Tebet mbak, kemarin via online, bisa pesen ke Mbak Rina di 02196616337 bisa via sms,telpon, atau watsapp mbak..
      Semoga membantu informasinya mbak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s