[112] Cara Buat ‘Martabak Sederhana’


Bismillah,

Kali ini mencoba share cara buat martabak sederhana dari dapur kami. Martabak tanpa daging atau pun sosis. Karena belum beli bahan yang macem2, akhirnya ku buat martabak isi sederhana, martabak hemat tapi lezat dan sehat, hehe. Sebagai tips juga, dalam rangka hemat yang cerdas, kita harus pandai mengkombinasikan isi martabaknya. Tak ada daging atau sosis pun, martabak tetap jadi.

Cara membuatnya:

1. Langkah pertama kita tumis dulu isi martabaknya. Isi martabak sangat menentukan kualitas rasa martabak lho.

Isi martabak sederhana ini antara lain: tempe, wortel, cabai besar merah, daun bawang, telor. Telor yang digunakan disini adalah telor ayam yang sebelumnya di goreng dan sudah diberi bumbu. Dalam membuat martabak isi, meski hemat kita juga perlu memperhatikan kualitas gizi nya. Misalnya di sini, tempe sebagai protein nabati dari kedelai, telor sebagai protein hewani. Wortel, cabai besar merah, dan daun bawang sebagai sayurannya untuk vitamin dan mineral.

Bumbu untuk isi martabaknya sederhana kok, InsyaAllah semua dapur ada: Bawang merah, bawang putih, garam, sedikit gula pasir, merica. Cukup mudah dicari bahannya kan🙂

2. Setelah selesai menumis isi martabak, kita akan mulai memberi isi pada martabaknya. Beri isian martabak secukupnya, jangan terlalu banyak, soalnya ditakutkan kalau kebanyakan malah sobek-sobek waktu digoreng.

3. Mulai melipat kulit martabaknya, stepnya seperti ini

Ini salah satu contoh cara melipat martabak. Teman-teman bisa share jika ada bentuk yang lain, karena penulis masih belajar. Oya, sebagai lem untuk kulit martabaknya digunakan putih telor. Jadi kita bisa pakai kuning telornya untuk isi martabaknya, putih telornya sebagai lemnya. Kalau tidak menggunakan putih telor sebagai lem. Waaaw, isi martabaknya akan keluar2 dari arena kulit martabak saat digoreng. Aku pernah mengalaminya waktu pertama kali buat, trus dikasih tau sama temenku ‘Desi’ kalau lemnya menggunakan putih telor. Makasih Des. Ini martabak yang kedua kalinya ku buat. Alhamdulillah sudah bisa.

4. Langkah selanjutnya digoreng. Dan ini hasilnya🙂

Selamat mencoba teman-teman. Mari sama-sama belajar menjadi wanita yang bermanfaat.

Special untuk suamiku tercinta, terimakasih telah menjadi fotografer setia di dapur. Sehingga aktifitas dapur sekarang telah terekam. Lov u Mas🙂

One thought on “[112] Cara Buat ‘Martabak Sederhana’

  1. Ping-balik: Kulit Tepung – info Banyumasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s