[101] Kue [ku] dengan Resep Kue Semprit dari Ibuk


bahan:
2 butir kuning telor
1 ons terigu
1 ons gula halus
0,25 kg blue band
1 bungkus vanili
2 sendok makan susu bubuk (*aku pke indomilk putih)
2 sendok teh rum better (*berwarna kuning, untuk pelembut kue)

cara membuatnya:

  • 2 kuning telor, gula halus, blue band, vanili, rum better di mixer sampai agak putih, masukkan susu bubuk, terigu sedikit dei sedikit sambil di mixer,
  • setelah itu adonan dibentuk sesuai selera*pke cetakan kue🙂
  • setelah itu di oven sekitar 20 menit dengan api sedang,

biasanya dengan bahan seperti di atas bisa jadi 2, 5 loyang. 1 loyangnya seperti digambar, kira2 seperti itu,, itu gambar sebelum masuk Oven. Untuk urusan oven-mengoven ternyata tidak bisa disepelekan, hehe. Aku punya sedikit cerita dengan Oven^^v

Mari mencoba dan semoga kita bisa ^^

Gambar dan resep diatas sebenarnya adalah bahan adonan untuk kue semprit dari Ibuk Purwokerto (*Ibuk suami, ibukku juga, hehe). Nah karna gemes liat cetakan Ibuk yang lucu-lucu, akhirnya aku ingin bereksperimen. Sepertinya akan keren, kalau adonan itu aku buat bentuk lucu-lucu dengan cetakan Ibuk.

Ini gambar cetakannya

Kue semprit yang asli, wujudnya seperti ini. Ini kue semprit pertama kali yang ku buat. Masih belepotan sana sini, hehe.

Pagi hari, sebelum Ibuk berangkat ngajar, (*aku yang masih mendapat jatah libur dari BPS) aku izin Ibuk untuk melaksanakan hajatku. Tentu saja dengan senang hati ibuk menyetujuinya, Ibuk membantuku menyiapkan bahan ini itu. Akhirnya Ibuk pergi, dan aku pun mulai membuat kue. Alhamdulillah, baguuus dan cantik-cantik sebelum masuk oven. Suamiku yang lagi sibuk di kamar liat-liat layar laptop, sesekali menyambangiku di dapur untuk sekedar menanyakan, melepas kangen, atau pun melihat apakah aku baik2 saja dengan kue-kue ku. Biasanya sih, aku sengaja membuat kue khusus untuk suamiku dalam setiap aku membuat kue bareng Ibuk, jadi maen sembunyi-sembunyi untuk kue special itu, biar nanti surprice.

(*ini contoh kue special itu, hehe)

Daaaaan, kemudian terjadilah sejarah kue gosongku. Hahaha

Soal membuat adonan bermacam-macam kue, kemampuanku tak perlu diragukan lagi. Berbekal belajar dari Ibuk dan sudah terbukti. Langkah setelah membuata adonan adalah memasukkan dalam oven. Naah, biasanya Ibuk yang masukin Oven, aku mendengarkan bagaimana caranya. Aku, iya-iya aja, pikirku mudah. Ternyata memang teori jauh dengan praktik. Untuk pertama kalinya aku praktik dan itu gosong. Ini gambar kue gosongku ^^

*Kesalahan, membuatku belajar untuk menjadi lebih baik. Mari belajar untuk menjadi yang lebih baik. Bismillah

Tinggalkan Balasan

