[97] Hati-Hati Memilih Font–E-Book Maker


Rasa-rasanya sudah laamaaa nian tidak menyentuh dashboard wordpress ku ini. Bisa dibilang, kesibukan pasca menikah ‘sedikit-banyak’ berubah dari masa lajang silam, hehe. Emang sibuk apa? Sekarang kan lagi liburan, so memanfaatkan waktu. Sekarang ini ceritanya lagi semangat-semangatnya sibuk belajar buat pastries bersama Ibuk suami, Ibukku juga sekarang, hehe. Seru dan menyenangkan. Ada nastar, blederday, kue semprit, putri salju, de el el. Tapi tulisan kali ini tak ada hubungannya dengan pastries kok#lhooh, mungkin lain kali bisa share, insyaAllah.

Trus apa maksud dan tujuan tulisan ini??

Tulisan ini berisi informasi terkait font dalam pembuatan E-Book. Dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul DeskTop Author, eBook Maker, ternyata belum selesai sampai disitu. Saking senengnya saat posting tulisan itu, sampai-sampai tak sempet cek lagi terkait tingkat keshahihannya.

Usut punya usut, ternyata saat kita membuat E-Book harus memperhatikan juga font yang kita pilih. Maksudnya berhati-hati dalam memilih font. Kenapa? Karena tidak semua PC yang nantinya akan menjadi pembaca E-Book kita mempunyai jenis font yang kita pilih. So, kalau mau lebih aman pilih jenis font yang sekiranya ada di office. Jangan sampai apa yang ingin kita sampaikan, malah tidak tersampaikan tanpa kita sadari*krik krik krik. Bahasa kasarnya, ‘menurut kita uda bagus, ee ternyata dilihat orang acak-adul tanpa kita sadari’.

Jadi ceritanya begini teman-teman, beberapa waktu silam saya asyiik membuat E-Book di laptop suami. Ini itu, pilih jenis font yang menarik. Seneeeeng rasanya ada banyak font di situ. Hingga akhirnya saya posting E-Book amatir buatan saya. Eeeee ternyata beberapa hari kemudian, saya buka laptop saya, dan mencoba download E-Book yang telah saya posting. MasyaAllah, fontnya jadi kacau balau, tak seperti yang saya buat sebelumnya. Hal ini karena, laptop saya belum terinstall font yang dipakai dalam E-Book itu.

Untuk menginstall programnya silakan klik di sini. Dengan menginstall program ini kita bisa membuat E-Book.

Tanpa menginstall program ini, kita hanya bisa membaca E-Book*tidak bisa buat E-Book. Bisa membaca dengan font yang kurang maksimal.

Untuk menginstall font-nya bisa didownload di sini.

Contoh E-Booknya yang sudah diperbaiki dengan huruf standart bisa didownload di sini. Kalau contoh E-Book yang sebelumnya saya buat dengan berasik ria dengan font yang unik-unik bisa dilihat di sini. Tapi kalau belum menginstall font akan tetap bisa membaca E-Book, tapi tulisannya sedikit kacau. Heee, pelajaran untuk diri saya sendiri, lain kali kalau buat lebih hati2, agar bisa dinikmati pembaca dengan baik dalam semua kondisi PC. Hehe

Untuk lebih jelasnya terkait tentang font silakan mampir ke blog suami saya klik di sini

Untuk lebih lengkap terkait dengan E-Book silakan klik di sini

Terkait E-Book Maker ini memang kami memang masih amatir. Mohon maaf jika terdapat banyak kekurangan. Dan sangat mengharapkan share dari para pembaca.

Semangaat ^^

4 thoughts on “[97] Hati-Hati Memilih Font–E-Book Maker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s