[64] Teka-teki jodoh, OLeh-oleh dari Rabbani


Ceritanya pasca wisuda—magang di BPS RI—pekan ke-3, ada acara dari angkatan 49 STIS ngobrol-ngobrol about  “nikah dan profesi” di Rabbani. Berikut sedikit ilmu yang menempel di catatan hatiku khususnya catatan untuk para wanita, heee karena versi resume tiap orang beda-beda, saya tak bisa resume yang untuk laki-laki, singkat cerita saya kurang bisa mendalami peran laki-laki😀
Oya, isi catatan ini berdasar juga dari buku yang pernah saya baca*lupa judulnya, hehe

Nasehat untuk para wanita khususnya yang belum punya pasangan. Untuk diriku sendiri dan untukmu Saudariku. Semoga kita bisa menjadi wanita shalehah dambaan syurga.. Amin ya Rabb,

Bicara tentang J-O-D-O-H, sepertinya sangat menarik. Lima huruf yang tak jarang membuat diri merasa menjadi makhluk yang paling merana di antero jagad(*Haaa, lebai). Who? When? Where? How? Saudariku, apakah kita pernah bertanya-tanya tentang siapa jodoh kita??? Contoh ni ya, pernah kah, kita bergumam seperti ini??

“Ya Allah, siapa gerangan pangeran yang Engkau pilihkan untukku? Seseorang yang akan menemaniku mewarnai hari-hari untuk beribadah kepada-Mu. Seseorang yang mau berbagi suka-duka dalam mengarungi hidup. Seseorang yang setia mengingatkanku dan menjadikanku kokoh dalam menegakkan kalimat-Mu”

Jika pernah, berarti normal^^. Saudariku, pernahkah kita merasa galau karena seseorang??? Kalau galau, silakan baca tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Obat Galau—Muawidzatain”. Dan, hanya kepada Allah lah kita meminta,,

“Ya Allah, jika ia adalah pasangan yang Engkau takdirkan untukku, maka dekatkanlah hatiku dengannya, dan dekatkanlah hatinya padaku, satukan kami dalam ikatan pernikahan. Namun, jikalau dia bukan pasangan yang Engkau takdirkan untukku maka jauhkanlah hatiku dengannya, jauhkan hatinya dariku. Sungguh engkau Maha Mengetahui yang terbaik bagi hamba-hamba-Mu”

Saudariku, sesuatu yang kita sangka baik untuk kita belumlah tentu baik menurut Allah,,,

“Saudariku, seorang laki-laki yang mencintai kita, tidak akan mau menyentuh kita sampai kita sah menjadi istrinya. Sungguh, sangat berbeda dengan laki-laki yang mencintai kita hanya karena hawa nafsu dengan laki-laki yang mencintai kita karena Allah. Laki-laki yang mencintai kita karena Allah, akan berusaha keras menunjukkan keseriusannya kepada kita, dan akan melamar kita karena Allah. Karena dia akan menjadikan kita wanita mulia di hadapan Rabbnya. Semoga kita menjadi wanita shalehah penghuni syurga, yang Allah jaga kehormatannya^^.

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS:An-Nisa :110)

Bagaimana ceritanya kalau cinta tak terbalas?? Teruntuk saudariku yang pernah merasa balasan yang di dapat tak sesuai dengan yang diharap,

“Jangan bersedih saudariku, jangan bersedih jika cintamu tak dijawab dengan “Ya”. Karena skenario Allah jauh lebih indah. Yakinlah, setiap laki-laki tentu akan menikahi wanita yang paling baik untuk menjadi istrinya. Sesungguhnya jawaban bukan “Ya” akan membuatmu lebih bersemangat untuk dicintai Allah, dan insyaAllah tak lama lagi Dia akan mempertemukanmu dengan jodoh terbaikmu, entah dia akan berubah pikiran jika memang dia nyata jodohmu, atau pun dengan orang lain yang memang terbaik untukmu, karena bisa jadi dia yang kau sangka baik, belum tentu baik untukmu. InsyaAllah, ada dia seseorang yang mencintaimu karna Allah, bukan hanya melihat pada paras dan hartamu. Karna paras bisa luntur karna usia, dan harta pun bisa lebur karna zaman. Tidak ada laki-laki sempurna di dunia ini, sebagaimana diri kita yang tak sempurna. Dengan bersyukur semua akan terasa indah^^.

Saudariku, seseorang yang [mungkin] kita sukai atau kita cintai sekarang, pastilah ciptaan Allah. Karena Dia lah yang Maha Pencipta. Allah lah yang menjadikan cinta itu indah di dalah hati kita. Sejatinya, keindahan cinta akan kita temui manakala hati kita mencintai Allah. So, kembalikan semua pada Allah. Hanya kepada Allah lah, cinta sejati kita peruntukkan. Karena tak ada yang sempurna dia lam semesta ini kecuali Dzat yang Maha Pencipta : Allah SWT.

Yakinlah saudariku, Allah akan memberi kita yang terbaik. Semoga langkah kita selalu dalam ikhtiar yang benar di jalan-Nya.

“… wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik (pula)…” (QS:An-Nur:26)

————–

//

2 thoughts on “[64] Teka-teki jodoh, OLeh-oleh dari Rabbani

  1. Ping-balik: Aku [sempat] ragu untuk berjilbab « Endri Notes

  2. Ping-balik: [162] Jomblo, Mari Menyiapkan Pernikahan dengan Matang | Endri Notes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s