[48] Bola Karet dan Bola Kaca


=Bola (karet+kaca) ku

Hidupku dalam bola karet. Meloncat-loncat kesana kemari dengan lentur. Singgah di suatu tempat, lantas memantul lagi ke tempat lain, begitu seterusnya. Bertemu dengan banyak habitat dan banyak komunitas. Dan berusaha membuat tipak talas yang manis dalam tiap persinggahan.

Dalam tiap persinggahan, selalu ada rasa takut kehilangan komunitas dan habitat yang sekarang. Merasa yang sekarang inilah, yang ternyaman. Merasa inilah yang paling srek, sejauh yang pernah aku temui. Tapi sekali lagi aku harus ingat, bola karetku akan terus memantul. Karena bola karetku telah dirancang untuk dinamis tak statis. Berhias rumbai-rumbai resiko. Dan selalu ku patri dalam benakku bahwa resiko bukanlah musuhku, tapi resiko adalah kawan yang akan membantuku untuk belajar bagaimana menjadi berani.

Aku pilot dalam bola karetku. Pengaturan arah koordinat, kecepatan, tujuan akhir, sebagian besar menjadi kendaliku. Dan aku paham bahwa tugas sang pilot bola karet adalah “ ikhtiar+tawakal”, karena ada DIA sang pilot yang maha sempurna.

Masa-masa ini aku dan bola karetku hidup dalam bola dunia di tahun ke 21. Serasa masih muda. Tapi kadang mikir juga, hidup tampaknya sangat cepat, dan telah mengajakku berkepala dua. Tapi aku harus ingat, meski waktu terasa sangat cepat,aku tak boleh berlari tergopoh-gopoh sehingga lupa darimana aku berasal dan kemana tujuan akhir hidupku.

Dalam 21 tahun ku, banyak corak yang berhias mewarnai bola karetku. Melingkar-lingkar berbingkai ukhuwah. Indah, bersahabat, dan islami. Tahun 21, masih menjadi mahasiswi tingkat 4 sekolah plat merah. Melingkar bersama teman-temanku dari seantero Indonesia di kampus STIS. Melingkar-lingkar pula dalam persahabatan, ukhuwah dan kekeluargaan : “hamasah”, “gandum”, “an-najm”, “my liqo’”. Begitu indah.

Banyak lingkaran yang indah ku temui saat ini. Dan pasti akan sangat kurindukan di masa nanti. Saat-saat, ketika bola karetku telah memantul ke habitat dan komunitas yang berbeda. Ya inilah hidup^^.

Saat ini dalam setiap Sabtu aku melingkar bersama kawan2ku yang sangat heterogen. Heterogen dari segi usia, pekerjaan, tempat tinggal, dll. Setiap pagi mulai pukul 6.00 WIB, kita mulai berkumpul untuk menuntut ilmu. Belajar tahsin di kelas Utsmani. Bebenah membaca Al-Qur’an, hafalan hadist, hukum2 bacaan, dll. Sungguh indah. Walaupun, kami berlatar belakang yang heterogen : SMP, mahasiswi di universitas lain, ibu rumah tangga, karyawan di rumah sakit, dll. Tapi heterogen tak membuat kita terpecah. Karena heterogen ibarat seperti benang warna-warni, kami sulam untuk saling mengikat satu sama lain.

Heterogen kembali terjadi sekitar pukul 13.00-15.00 WIB dalam setiap Sabtu di kelas tadabbur Ar-Rahman. Tak jarang aku merasa minder, sebagian besar teman-temanku akrab dengan bahasa dan tulisan Arab, dengan background pesantren, Al-Azhar, LIPIA, dan beberapa lulusan baru dari SMA mau lanjut ke Arab mendalami ilmu-Nya. Sedangkan aku?^^Sekali lagi heterogen itulah yang bisa menjadi sumber sulam dan saling mengikat satu sama lain. Terlebih kalau tujuannya untuk menuntut ilmu. Karena ilmu adalah harta karun indah. Karena ilmu akan terus bertambah ketika ia dibagi. Tambahlah ilmu dengan mencari dan membagi.

Itulah sedikit cerita hidupku dalam bola karetku bersama bola-bola kacaku. Bola-bola kaca adalah mereka–individu dari komunitasku. Jangan pernah kau sakiti ia atau bahkan kau lembar ia dengan kasar. Karena bola-bola kaca itu bisa retak bahkan pecah. Sekali pecah, ia akan sulit disusun sebagus seperti semula. Perlakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang. Karena bola-bola kaca : persahabatan, ukhuwah, pertemanan, keluarga, dkk butuh sulaman dengan benang kelembutan. Agar, ketika nanti bola karet kita memantul ke habitat lain, kita punya memori dan tapak tilas yang manis dengan bola-bola kaca kita di masa sebelumnya^^

Sebentar lagi wisuda ( amin) —sebentar lagi hijrah dari Jakarta — sebentar lagi bola karetku akan kembali memantul ke habitat lain—aku akan merindukanmu bola-bola kaca-ku^^

4 thoughts on “[48] Bola Karet dan Bola Kaca

  1. Assalamualaikum, ijin copas ya buat di share ke teman teman yang lain,, sungguh bagus catatan catatannya..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s