[35] The Last—-Aku ingin bercerita tentang Dajjal


Rabu, 23 Maret 2011, sekitar pukul 4.55 pm. Saat2 ranumnya sinar mentari bergeliat. Berhias manik-manik manusia berlalu lalang tiada yang ku kenal. Ekspresi raut wajahku terkesan kebingungan. Clingak-clinguk di pinggir jalan sembari mondar mandir. Ceritanya aku sedang mencari rumah murid baruku.

Aku seorang mahasiswi, tapi tak jarang mengajar private murid SD, SMP, ataupun SMA. Selama hampir empat tahun menginjakkan kaki di kota metro, selama hampir empat tahun pula akku mengenyam pendidikan di kampus plat merahku, sama artinya hampir empat tahun akku bergelut di dunia mengajar. Semenjak memasuki bangku kuliah akku suka berpetualang untuk sekedar berjabat tangan dengan kehidupan mengajar. Ternyata asyik mengenal kehidupan mengajar. Ramah, seru, ceria, meski kadang dia membentuk roncean tantangan. Dari mengajar private banyak hal yang akku pelajari. Yaaa, bisa dibilang akku belajar dari mengajar.

Belajar itu apa si konsepnya??? Belajar itu adalah proses dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak bisa menjadi bisa (*itu definisi yang pernah ku pelajari zaman SMP, masih ingat banget saat guru BK ku menjelaskan teori itu). Yaaa, akku belajar dari mengajar. Akku menjadi lebih tahu berbagai karakteristik anak. Anak2 cerdas itu dari Jubilee International School, Gandhi Memorial International School, SD Annuriyah, SD IT Al-Iman, International DN, SMP N 36 Jakarta, SMA N 48 Jakarta, dst mulai mengajariku arti kehidupan. Sungguh indah belajar dan mengajar itu^^.

Lanjut ke cerita awal “akku hendak mencari rumah murid baruku”. Rumah berpagar besi putih jalan D nomor 52. Anak orang Jepang, begitu informasi yang ku dapat dari informan. Namanya Kenjiro. Akku memulai searching ku. Setelah ku dapati jalan D, lanjut mencari rumah no 52 “Pagar besi putih”. Dan ternyata jreng jrengg dari deretan rumah sepanjang mata memandang, waaaaw hampir semua serempak berpagar besi putih. Wadoooh. Aku bermaksud menyusur rumah ke rumah untuk mendapat nomor 52, tapi ternyata diluar dugaan. Nomor rumah sangat acak dan loncat2 tidak terurut. Diseberang nampak segerombolan cowok2 geje yang bercakap menyapa geje pula, akku paling tak suka hal itu. Ku lirik jam tanganku, sudah hampir menunjuk angka perjanjian ngajarku, pukul 05.00 pm.

Alhamdulillah disaat2 genting menyelimuti, ada pahlawan tiba tepat pada waktunya. Laki2 setengah baya. Lebih tepatnya bapak2 baik hati. Mirip wajah salah satu dosen sampling ku di kampus. Akku sampai benar2 melihatnya memastikan apa benar itu hanya orang yang mirip dosenku atau jangan2 dosenku. Yaaa, itu hanya benar2 mirip. Bapak itu menghampiri ku dan bertanya,

“Nyari rumah nomer berapa dek?”

“52 Pak”

“Nomor disini memang acak”, kemudian bapak itu melanjutkan naik motornya. Dan subhanallah, ternyata bapak itu menyusur kompleks untuk mencari nomor 52, dan kembali berbalik ke arahku dengan kabar baik.

“Itu, di sana dek, yang bercat putih, yang seberangnya ada anak kecil berdiri.” Sembari menunjuk ke suatu rumah

“Terimakasih Pak”

Pahlawan yang sesungguhnya adalah mereka yang melakukan kebajikan dengan diam-diam, sehingga tangan kanan yang melakukan sedekah tak sempat diketahui oleh tangan kirinya. Mereka menjelajahi kegelapan malam untuk menebar kebajikan dan keutamaan, sehingga tak sempat ada mata yang melihat maupun mengawasi. ( kutipan)

Bagiku bapak mirip dosenku itu adalah pahlawanku kala itu^^

———

Sabtu 26 Maret 2011 akku kembali melakukan searching alamat. Tapi kali ini akku tak sendiri *bersama temanku Arni, mencari tempat Tadabbur Al-Qur’an Remaja , Jalan Karang Asem Raya no 23. Setelah bermandikan peluh dengan rute yang pelik, pakai acara jalan kaki dengan track yang panjaaaang#lebay, akhirnya ketemu juga tempatnya. Bertemu teman2 baru dari berbagai universitas dan kalangan. Nice experience^^.

Tadabbur surat Al-Qaari’ah. Yang artinya terkait dengan hari kiamat. Sungguh dasyat surat Al-Qaari’ah ini. Alkisah sahabat Rosulullah ada yang langsung beruban ketika mendengar surat ini.

Arti dari surat Al-Qaari’ah:

1 .  Hari kiamat,

2.  Apakah hari kiamat itu?

3.  Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?

4.  Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,

5.  Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

6.  Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,

7.  Maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.

8.  Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,

9.  Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

10.  Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

11.  (yaitu) api yang sangat panas.

Tersirat bahwa kalau lebih banyak amal baik akan masuk syurga. Kalau lebih banyak amal buruk akan masuk neraka. Bagaimana dengan yang setimbang??? Hanya ada 2 pilihan “syurga/neraka”. Disampaikan dalam majelis oleh ustadz yang setimbang itu berkemungkinan masuk syurga kalau ada yang menghibahkan 1 pahala untuknya.#dan bagi yang menghibahkan akan masuk syurga pula. Subhanallah. Ustadz said “Tapi hanya satu diantara banyak kejadian itu terjadi”.

Materi disampaikan oleh ust. Umar Makka terkait tanda2 hari kiamat. Materi yang sangat menggelitik rasa keingintahuanku terkait dengan Dajjal. Munculnya Dajjal adalah salah satu tanda2 kiamat besar. Tidak ada fitnah yang lebih ditakuti Rosulullah kecuali fitnah Dajjal.

“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya tidak ada fitnah di muka bumi ini yang lebih dahsyat daripada dajjal. Dan Allah SWT tidak mengutus seorang rasul atau nabi pun kecuali ia memperingatkan umatnya terhadap kemunculan dajjal. Aku adalah Nabi terakhir, dan kamu sekalian adalah umat terakhir pula. Dajjal pasti keluar dari tengah-tengah kalian. Jika ia keluar sedang aku ada di antara kalian, maka aku akan mengalahkannya dengan hujjah dan kemampuanku. Jika ia keluar setelah aku tiada, maka setiap orang akan menjadi penolong dirinya sendiri untuk mengalahkan musuhnya….” (HR Ibnu Majah, Ibn KHuzaimah dan al-Hakim).

Apasih dan bagaimana ciri2 Dajjal??

Dajjal adalah sosok makhluk yang pendek, gemuk, berkepala besar, matanya kanannya juling ( keluar seperti buah anggur)—mata kirinya tak sempurna, bisa dikatakan hanya punya 1 mata—-, rambutnya keriting, berkulit putih, antar betisnya berjauhan, dan antara mata kanan dan letak mata kiri tertulis “Kafir”. Orang2 yang beriman entah dia sebelumnya bisa atau pun tidak bisa membaca, suatu masa itu terjadi akan bisa membaca tulisan itu.

Kenapa Dajjal disebut Al-Masih??? Karena Dajjal akan mendatangi semua daratan/bumi untuk menyebar fitnah. Wallahualam.

Kalimat di slide Power Point yang disampaikan Ustadz, yang membuatku berpikir untuk cukup lama kala membacanya. “ Kejadian sebelum keluarnya Dajjal adalah ketika manusia sudah lupa akan Dajjal dan para imam tidak pernah menyebutnya di atas mimbar.” Mari kita renungkan. Sampaikanlah walau hanya satu ayat.

Dari tadi cerita ngalor-ngidul intinya kapan hari kiamat itu?? Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya, itu rahasia Ilahi. Semoga kita menjadi orang2 yang beriman yang akan terhindar dari fitnah Dajjal.

One thought on “[35] The Last—-Aku ingin bercerita tentang Dajjal

  1. Ping-balik: Kebohongan Teori Evolusi « Endri Notes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s