[34] Ba’da dhuhur


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.  ( QS : Al-Maidah : 88 )

Berawal dari telp Om ku dari Kalideres tadi pagi, inti percakapan ngalor ngidul-ku sama Om :

“Mbaaak, lama gak main ke rumah”. Om ku biasa memnggilku “mbak Indri”, ngikut anak2nya^^.

“Iya Om, insyaAllah nanti sore”

Akhirnya muncul ide cooking. Melirik di rak piring, masih ada bahan2 to make fucili. Sebut saja makaroni, heee. Ya sudah, akku putuskan untuk buat fucili ala Jawa. Bisa dibilang resep ini hasil miscommunication, sebut saja resep pribadi, biar rada nge-trendckkkk.

Kronologinya begini, sahabatku di huniannya Mbak Agus pernah mengundangku untuk makan spaghetti dan fucili buatan sendiri. Naah suatu ketika akku tertarik untuk memasak seperti itu. Tapi karena satu dan lain hal, alhasil resep ku itu tak sama dengan Mbak Agus, heee. Kesalahan ada pada pihak ke-3 (*hooo malah nyalahin orang lain ). Resep asli tanpa saos tiram tapi pakai potongan ayam dadu, resepku malah tanpa potongan ayam dadu tapi pakai saos tiram. Aku pernah juga menambahkan ayam goreng bumbu parutan kelapa, rasanya tetep enak walaupun ayam vs saos tiram yang notabene dari bahan laut.

OK laaah tak jadi perkara. Yang jelas resep baru ku ini sudah banyak yang bilang enak (*semoga mereka berkata jujur). Intinya resep asli dari mbak Agus dan resepku sama2 enak^^.

Bahan2 dan bumbunya : bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai, tomat, merica, garam, gula, saus tomat, saos tiram (* akku pakai Saori). Untuk jumlah bawang merah dll berapa suing atau pun saos tiramnya berapa banyak, akku pakai filling. Itu wejangan dari mamaku^^.

Langkah :

1.     Rebus macaroni / fucili / spaghetti / bisa campuran ketiganya. ( kali ini akku cuma pakai fucili, karena tak prepare sebelumnya)

2.    Siapkan bumbu2nya ( bawang merah, bawang putih, cabai, garam, merica) lalu haluskan.

3.    Iris dengan bentuk suka2 heee ( iris bawang bombai dan tomatnya)

4.    Kemudian tumis bumbu no 2 yang sudah dihaluskan ditambah dengan campuran irisan bawang bombai. Tambahkan saos tomat dan saos tiram. Jangan lupa tambahkan gula. Tunggu sampai harumnya menggoda hidung.

5.    Masukkan macaroni yang sudah di rebus ke dalam tumisan bumbu no 4.

6.    Campur2 dan tambahkan tomat, tunggu beberapa saat.

Mudah, cepat, dan ekonomis^^. Rasanya pun tak kalah dengan masakan dari negeri asalnya Italy lhoo.^^

2 thoughts on “[34] Ba’da dhuhur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s